Kategori

Film (1) Kids (1) Opini (1) Parenting (1) Puisiku (6) Random (1) Referensi (4) Sastra (1) Sex Education (1)

Kamis, 22 Februari 2018

Bapak, My First Love Man

Wajah ditekuk kesal,  air mata mulai mengucur membatin seakan-akan menjadi orang yang tidak mendapatkan kebebasan dan keadilan sebagai hak setiap manusia.

Lebay banget yaa? 

Hahaha saya dulu juga pernah mengalami hal itu,  saat bapak melarang saya untuk ikut nonton bersama teman-teman saya.  Padahal kan yaa sebagai anak SMP yang sedang menjalani proses pencarian jati diri, bergaul itu mutlak,  males banget kan kalo sampe di cap anak yang kuper.  Tapi iya sih sampe segede gini saya tetep kuper,  tapi bukan karena bapak saya, tapi karena saya menemukan bahwa saya memang tidak terlalu nyaman untuk kesana kemari mengukuhkan eksistensi :)

Bapak saya tergolong orang yang sangat membatasi saya dalam bergaul sih, boro-boro mau travelling sama teman-teman, nonton midnite, ngerayain tahun baru di pusat keramaian, atau malam mingguan aja deh gitu, pulang lewat maghrib aja udah ditungguin, abis itu diomel-omelin.

Di usia saya yang remaja dulu itu, iyaa sedulu itu :') , saya menggap bapak saya itu ngeselin banget, otoriter, gak tau gejolak masa muda, egois, sempet benci malah karena ngerasa hidup saya jadi gak asik, gara-gara bapak, saya gak punya banyak temen, saya jadi gak gaul, gak eksis, cupu! 

Apalagi ketika saya sedang dalam fase naksir-naksirnya sama lawan jenis, yang jadinya pengen gitu kan sekali-kali hangout sama temen-temen buat mandang-mandangin gebetan, tapi bapak saya rese, mustahil lah hal itu.

Beneran deh sampe kerja pun, saya kalau mau keluar malem mesti ijin dulu jauh-jauh hari, mesti jelas kemana, ngapain, sama siapa, pulang jam berapa, dan seberapa penting hal itu untuk saya, dan tentu saja tingkat kepentingannya bukan diukur dari sudut pandang saya tapi sudut pandang bapak. Saya merasa udah gede loh saya ini kok masih dilarang-larang,  saya bisa kok jaga diri,  emang bergaul dikit aja pasti jadi rusak?  Kok ga percayaan banget!

Pun soal pacar, saya mesti backstreet dari bapak karena kalau ketahuan saya yakin bapak akan marah besar, anaknya gak boleh pacaran, punya ktp pun bukan jadi alasan buat saya bisa pacaran, saya boleh pacaran saat bapak saya bilang saya boleh pacaran, makjleb banget kan.

Hal-hal itu lah yang suka bikin saya kesal sampe-sampe sering banget ngedumel dalam hati sendiri.

Waktu SMP, SMA bahkan kuliah sering banget bapak yang anterin, pulang kuliah apalagi kalau selesainya malem bapak yang jemput. Kayaknya gak boleh gitu saya mengenal lelaki selain bapak.

Saya gak tau alasan bapak apa, saya anggepnya bapak egois aja gitu gak mau mikirin perasaan anaknya ini.  Kan manusiawi kan kalo cewek jatuh cinta sama cowok.  Iyaa kannn? 

Pernah sih sepupu saya bilang kalau dia denger bapak saya ngobrol sama bapaknya (om saya)  kalau beliau tidak mengijinkan saya pacaran karena takut saya di sakitin sama lelaki. 

Respon saya "alah lebay banget"

Pokoknya tetep saya butuh pergaulan,  eksistensi sebagai remaja yang punya pacar kayaknya emang keren banget kesannya. 

Tapi makin kesini saya makin sadar (iya selama ini saya pingsan sepertinya) 

Bapak lah orang yang paling takut saya terluka, beliau sayang banget sama saya,  tidak ingin anak perempuannya sakit hati karena lelaki. Beliau gak rela darah dagingnya yang begitu dijaga selama ini harus di buat nangis oleh cowok-cowok diluar sana yang belum tentu menyayangi diri ini seperti bapak menyayangi saya. 

Saya baru sadar, bahwa bapak melarang saya kesana kemari sesuka hati karena sadar sekarang ini jaman edan,  salah pergaulan dikit bisa fatal akibatnya. 

Saya baru sadar selama ini bapak kerja keras untuk saya dan adik-adik saya,  nganterin saya sekolah pagi-pagi buta biar saya gak telat dan gak perlu dihukum guru,  buat memastikan saya aman sampai sekolah,  padahal mah kantor bapak sama sekolah saya jauh dan langganan macet,  apalagi bapak naik motor nganterinnya. 

Saya baru sadar,  bapak jemput malem-malem di kampus karena gak mau anak gadisnya kenapa-napa di jalan malem-malem,  padahal bapak sendiri pasti udah capek kerja seharian,  rumah ke kampus juga lumayan jauh jaraknya,  belum lagi kalau hujan,  gak jarang kita berdua berteduh di emperan ruko,  dan setiap dijemput pasti bapak mampir ke restoran atau warung buat traktir anaknya ini makan malem,  katanya biar sampe dirumah tinggal istirahat,  tidur.

Saya baru sadar,  bapak membatasi teman-teman saya karena takut saya dapet teman yang tidak baik,  dan alhamdulillah semua teman-teman dekat saya bapak kenal dan mereka akrab, hehe.

Saya baru sadar, kalau saya pulang telat karena beliau khawatir tentang keadaan saya, diomel-omelin lebih baik pikirnya biar saya kapok pulang telat, biar beliau ga usah uring-uringan.

Saya baru sadar, kenapa beliau melarang pacaran, karena takut saya dikecewain disakitin sama cowok-cowok.  Apalagi kalau sampai dirusak. Ih serem. 

Kenapa baru sadar?  Karena saya bandel,  suka ngebantah,  pas kesana kemari bergaul,  kecapean eh malah di opname,  saya pacaran gak jarang nangis,  padahal bapak aja jarang ditangisin. 

Singkat cerita, saya sadar sesadar-sadarnya ketika saya meminta restu beliau untuk menikah dengan lelaki pilihan saya, bapak bilang selama ini tau saya pacaran tapi pura-pura gak tau biar saya tetep segan,  biar gak sering kelayapan, padahal kalau lagi pacaran trus ibu nanyain pulang jam berapa karena beliau yang minta ke ibu buat nanyain. 

Kenapa dibiarin?  Kenapa pura-pura gak tau?  Karena bapak diem-diem mengamati lelaki pilihan saya ini dan tahu bahwa lelaki ku ini adalah pria baik-baik,  pria yang bikin putri kecilnya ini suka ketawa-ketawa sendiri pada saat main hape,  dan lelaki yang gak pernah memaksa saya keluar malem,  yang ngenterin sampe rumah bukan diujung gang. 

Ketika lelaki pilihanku ini dengan berani melamar saya langsung ke bapak saya,  saya melihat perasaan yang susah dideskripsikan dari matanya,  ada bahagia karena putrinya akan menikah,  serta sedih karena akan membagi putrinya ini ke lelaki lain,  yang tau bahwa Putri kecilnya ini akan menjadi tanggung jawab orang lain,  bukan lagi beliau seutuhnya. 

Pasti berat jadi bapak,  harus merelakan anak perempuan satu-satunya ikut bersama suaminya kelak di kota lain,  sering saya mendengar ketika bapak shalat bapak mendoakan saya dan calon suami saya agar pernikahan kami kelak diliputi kebahagiaan. 

Padahal banyak banget bisikan-bisikan setan yang bilang kok mau sih anaknya pergi ikut suaminya di luar kota,  anak cewek satu-satunya loh, dan bapak saya cuma bilang : gak mau menggadaikan kebahagiaan anakku karena keegoisanku ingin ditemani terus, sekarang alat transportasi dan komunikasi udah canggih, jarak bukan masalah :')

Terima Kasih ya Pak untuk jasa bapak selama ini,  buat cinta tulus bapak selama ini, buat pengorbanan dan perlindungannya.  Maaf lidah ini masih terasa amat kaku untuk berterima Kasih secara langsung,  untuk mengungkapkan kalau saya sayang juga sama bapak. 

No matter how old i am,  im still your little girl.  I love you my first love man :')

Tidak ada komentar:

Posting Komentar